Bagaimana Mempertahankan Sikap Positif dalam situasi apapun..?

Memang dalam segala hal....apabila kita bisa menyikapinya secara positif... akan mendatangkan manfaat yang lebih besar bila dibandingkan dengan sikap negatif. Bila anda sedang menghadapi suatu masalah ..entah itu ringan ataupun berat...ada baiknya anda bertanya dalam diri sendiri...apakah saya telah menyikapinya secara positif atau negatif..? Dengan begitu kita akan terhindar dari masalah yang lebih besar lagi akibat kesalahan dalam mengambil keputusan.
Dalam berpikir positif..kita akan berusaha memandang suatu masalah dari nilai positif yang bisa kita ambil dan..mencoba memberikan solusi yang lebih baik lagi. Dan bukan mencari kambing hitam. Mencari kambing hitam..hanyalah buah dari proses berpikir negatif yang cenderung memandang segala sesuatunya dari sisi negatif.

Masih ingatkan cerita tentang karyawan pabrik sepatu yang diminta survey. Begini ceritanya.

Ada dua orang karyawan sepatu yang ditugaskan pergi ke Afrika untuk melakukan riset pasar sepatu. Setelah riset selesai dilakukan, kedua karyawan tersebut kembali dengan membawa laporan yang bertolak belakang.

Karyawan yang satu bersikap pesimis untuk menjual sepatu di sana. Alasannya karena orang-orang Afrika tidak ada yang memakai sepatu. “Bagaimana mungkin mereka membeli sesuatu yang tidak pernah dipakainya,” kata karyawan itu.

Sebaliknya, karyawan yang satu lagi datang memberikan laporan bernada optimis. Kata si karyawan,”Di Afrika terbuka peluang emas untuk menjual sepatu. Sepatu bisa laku keras di sana karena belum ada saingan dan belum ada yang pakai sepatu.”

Kurang lebih memang selalu begitu cara orang dalam menyikapi suatu hal. Tidak sedikit yang biasanya pesimis, tapi ada juga yang selalu mengembangkan diri bersikap optimis dan terbuka.

Jadi dengan berpikir positif...kita akan lebih optimis dalam menghadapi tantangan kehidupan ini. Entah dalam hal bisnis, ataupun dalam hal lainnya.

So..selalu pertahankan sikap positif dalam kondisi apapun. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar